full screen background image
Daily Activities

BAWASLU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH MENGGELAR UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA (1 JUNI 1945 - 1 JUNI 2017)

pexels-photo (9)

Palangka Raya, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2017 bertempat di halaman Kantor Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah Kamis (1/6/2017). Upacara tersebut diikuti seluruh Komisioner Bawaslu, Pejabat Struktural dan Staf Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam upacara yang digelar Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah Ir. Theopilus Y. Anggen. MMA selaku Inspektur Upacara menyampaikan Sambutan Presiden RI bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakrta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehinga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Negara Indonesia adalah Negara yang hidup dalam keberagaman dari Sabang sampai Merauke. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia maka itulah disebut bhinneka tunggal ika.

Mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.

Juga harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang Anti-Pancasila, Anti-UUD 1945, Anti-NKRI, Anti-Bhinneka Tunggal Ika. Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di bumi Indonesia.

Di akhir sambutan Sekali lagi , jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia.

Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila.


author : Aprilianae    |   editor : 361 views

Related Posts


Leave a Reply